TUGAS APSI
1.
SebutkanDefinisi
a.
PengertianSistem
b.
PengertianInformasi
c.
PengertianSistemInformasi
Dari KetigaDiatasBuatlahDefinisiMenurut 3 ahlimasing-masing?
Dari KetigaDiatasBuatlahDefinisiMenurut 3 ahlimasing-masing?
JAWAB :
A.
Pengertian
sistem
1. Pengertian Sistem
Menurut Davis, G.B: Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen
yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.
2. Pengertian Sistem Menurut Murdick, R.G: Suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk
kumpulan atau procedure-prosedure/bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu
tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang
pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi
dan/atau barang.
3. Pengertian Sistem Menurut Indrajit: mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan
dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
B.
Pengertian
Informasi
1.
Abdul Kadir, McFadden, dkk
Menurut Abdul Kadir dan Mc Fadden, informasi
merupakan data yang telah diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan
sedemikian rupa sehingga data yang telah diproses tersebut dapat meningkatkan
pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya
2.
Anton M. Moeliono
Anton M. Moeliono juga mendefinisikan informasi
sebagai data yang telah diproses, namun pemrosesan tersebut dilakukan untuk
suatu tujuan tertentu. Selanjutnya Anton M. Moeliono juga menyatakan
bahwa informasi merupakan keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan,
atau bahan nyata lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan kajian analisis
untuk mengambil kesimpulan atau keputusan tertentu
3.
Barry E. Cushing
Dalam buku Accounting Information System and Business
Organization, Barry E. Cushing menyatakan bahwa infromasi merupakan suatu hal
yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data
tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat atau berguna bagi penerimanya.
C. Pengertian
Sistem Informasi
1.
Menurut Gordon B. Davis (1991: 91)
Sistem informasi adalah suatu sistem yang
menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan
instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
2.
Menurut John F. Nash (1995: 8)
Sistem informasi adalah Sistem Informasi adalah
kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan
pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting,
proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan
ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.
3.
Menurut Kertahadi (2007)
Sistem informasi adalah alat untuk menyajikan
informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya
adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian,
operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses
mengendalikan pengambilan keputusan.
2. Sebutkan Data apa saja yang digunakan dan sebutkan informasi apa saja yang dihasilkan dalam:
A. PSI
akademik pada sebuah Penguruan tinggi
JAWAB:
1. DATA
MAHASISWA
2. DATA
DOSEN
3. DATA
STAFF KANTOR
4. INFORMASI
MAHASISWA
5. INFORMASI
DOSEN
JAWAB :
1.
DATA
PASIEN
2.
TANGGAL
MASUK
3.
TANGGAL
KELUAR
4.
DATA
PETUGAS
5.
DATA
APOTEK
6.
DATA
DOKTER
7.
SISTEM
PEMBAYARAN
C. PSI Penjualan pada online
JAWAB:
1. DATA
MEMBER
2. DATA
PRODUK
3. DATA
PEMBELIAN
4. DATA PENGIRIMAN
5. DATA
RETURN
6. INFORMASI
PRODUK FAVORIT
7. INFORMASI
PENJUALAN TERBANYAK
3. Sebutkan komponen" apa saja yang dibutuhkan dalam:
A.
PSI akademik pada sebuah Penguruan tinggi
JAWAB:
PSI
akademik pada sebuah pendidikan perguruan tinggi , ada tiga komponen penting dalam
mengelola perguruan tinggi yang berkualitas, satu adalah individunya baik dosen
maupun tenaga kependidikannya, kedua adalah pengelolanya seperti kepala program
studi, dekan hingga rektornya, dan yang ketiga adalah sistem dalam institusinya
itu sendiri.
B. PSI
pelayanan pasien pada sebuah RS
JAWAB:
1.
Aspek Klinis, yaitu komponen yang
menyangkut pelayanan dokter, perawat dan terkait dengan teknis medis.
- Efisiensi dan efektivitas, yaitu pelayanan yang murah, tepat guna, tidak ada diagnosa dan terapi yang berlebihan.
- Keselamatan pasien, yaitu upaya perlindungan pasien dari hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan pasien seperti jatuh, kebakaran, dll.
- Kepuasan Pasien, yaitu yang berhubungan dengan kenyaman, keramahan, dan kecepatan pelayanan
C.
PSI Penjualan pada online
JAWAB :
- Nama, Logo, dan Tagline Toko
Nama toko online berfungsi sebagai identitas. Oleh karena itu, penjual perlu mencari nama toko yang mencerminkan barang-barang apa saja yang ia jual. Penjual juga bisa menjadikan nama tersebut sebagai alamat blog jualannya agar calon pembeli lebih mudah menemukan dan mengingat toko online tersebut.
Nama toko sebaiknya diletakkan di bagian paling atas setiap halaman blog jualan. Supaya pengunjung selalu mengetahui di toko mana yang sedang ia kunjungi. Penjual juga sebaiknya memilih ukuran font yang besar untuk nama toko. Setidaknya, lebih besar dibandingkan ukuran font untuk general text pada blog tersebut.
Agar bagian header ini tidak hambar, penjual bisa menambahkan visualisasi dari toko online-nya berupa logo. Selain itu, ia bisa menambahkan tagline dari tokonya supaya terlihat lebih menarik. - “Selamat datang!”
Pada halaman utama atau landing page blog jualan, penjual juga sebaiknya mencantumkan pesan yang berfungsi untuk menyambut pengunjung di toko online. Misalnya, kalimat sapaan seperti “Selamat datang di Toko 123!”.
Selain kalimat tersebut, penjual juga bisa menambahkan beberapa kalimat yang berfungsi untuk memperkenalkan tokonya kepada pengunjung. Di kalimat ini, penjual bisa menuliskan hal-hal apa atau barang apa yang bisa ditemukan oleh pengunjung di blog jualan tersebut. - Produk yang Ada
Supaya pengunjung lebih mengenal tokonya, penjual perlu ‘memamerkan’ produk-produk yang dijual dalam bentuk foto. Foto produk ini perlu ditemani dengan nama produk dan juga harganya. Jika pengunjung ingin mengetahui informasi yang lebih rinci, ia bisa meng-click foto tersebut.
Selain itu, penjual sebaiknya menampilkan produk-produk yang paling baru di bagian ini. - Kategori Produk
Penjual juga perlu membuat beberapa kategori produk agar calon pembeli tidak tersesat di blog jualan. Tidak ada batasan jumlah kategori produk yang sahih untuk sebuah blog jualan. Jumlah kategori tergantung kebutuhan penjual. Namun, semakin banyak kategori produk yang dimiliki oleh penjual, calon pembeli juga akan semakin percaya. - Produk Terpopuler dan Rekomendasi
Pengunjung terkadang ingin mengetahui barang apa yang menjadi keunggulan dari toko online tersebut. Oleh karena itu, penjual perlu memperlihatkan kepada pengunjung barang-barang yang paling diminati oleh pembeli-pembeli sebelumnya.
Rekomendasi atau kolom testimoni juga perlu ditampilkan supaya pengunjung merasa ia mengunjungi toko yang tepat. Testimoni ini bisa didapatkan dari pembeli-pembeli terdahulu yang pernah melakukan transaksi dengan penjual. - Pilihan Pembayaran
Informasi mengenai tata cara pemesanan dan alternatif atau jenis pembayaran merupakan hal yang cukup krusial. Oleh karena itu, informasi ini harus selalu ada di setiap halaman blog jualan. Penjual bisa mencantumkan logo alat pembayaran maupun bank yang menerima pembayaran dari transaksi pembelian. - Pilihan Pengiriman Barang
Informasi mengenai jenis jasa pengiriman apa yang dimiliki oleh penjual juga perlu disampaikan kepada calon pembeli. Hal ini dilakukan supaya calon pembeli mengerti dan memahami sistem jasa kurir yang dipilih oleh penjual. - Tempat Berinteraksi
Segala informasi yang ada di toko online tentu bersifat satu arah. Artinya, informasi tersebut hanya diberikan melalui satu corong, yakni penjual. Untuk memfasilitasi pertanyaan dari calon pembeli, penjual perlu menyediakan sarana interaksi. Mulai dari layanan chat hingga informasi kontak penjual yang bisa diakses oleh calon pembeli. Misalnya, nomor telepon, alamat email, username Twitter, akun Facebook, sampai pin Blackberry Messenger. - Kolom Pencarian
Penjual juga perlu menyediakan kolom pencarian di blog jualan untuk mengakomodasi para calon pembeli yang ingin cepat menemukan barang yang dicari. - Alamat Toko
Jika penjual memiliki toko offline, sebaiknya ia menuliskan alamat toko tersebut di bagian informasi kontak. Banyak calon pembeli yang ingin membuktikan dan melihat secara langsung barang yang akan ia beli. - Konten Berkualitas
Salah satu cara supaya seorang penjual dianggap sebagai penjual kredibel adalah memproduksi konten-konten yang berkualitas. Konten-konten seperti ini memiliki daya pikat yang sangat tinggi. Sehingga bisa berguna sebagai alat pemancing pelanggan loyal. Contoh-contoh konten yang bisa diproduksi oleh penjual di blog jualannya adalah tulisan, foto, dan juga video yang memuat informasi terkait produk yang dijual. Misalnya, penjual baju batik memproduksi tulisan atau video tentang cara membuat motif batik yang sederhana.
5.
4. Jelaskan definisi
dari analisa sistem ?
Definisi analisa sistem adalah
penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian
komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi
permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan
sehingga dapat diusulkan perbaikan.
6.
5. Sebutkan langkah-langkah
dan komponen-komponen dalam tahap ananalisa system sampai dengan membuat laporan
hasil analisis ?
JAWAB :
Langkah-langkah di dalam tahap analisis sistem hampir sama
dengan langkah-langkah
yang
dilakukan dalam mendefinisikan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan di
tahap perencanaan sistem. Perbedaannya pada analisis system ruang lingkup
tugasnya lebih terinci.
Didalam
tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh
Analis Sistem Yaitu sbb:
1.
Identify, Yaitu mengidentifikasikan masalah
-
Mengindentifikasikan penyebab masalah
-
Mengidentifikasikan titik keputusan
-
Mengidentifikasikan personil-personil kunci
2.
Understand, Yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
-
Menentukan jenis penelitian
-
Merencanakan jadual penelitian
-
Mengatur jadual wawancara
-
Mengatur jadual observasi
-
Mengatur jadual pengambilan sampel
-
Membuat penugasan penelitian
-
Membuat agenda wawancara
-
Mengumpulkan hasil penelitian
3.
Analyze, Yaitu Menganalis Sistem
-
Menganalisis kelemahan Sistem
-
Menganalisis kebutuhan Informasi pemakai / manajemen
4.
Report, Yaitu membuat laporan hasil analisis Tujuan :
-
Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan
-
Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis
oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
-
Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
-
Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya
.
7. 6. Apa yang dimaksud
dengan desain system dan sebutkan tujuan didalam desain system tersebut ?
JAWAB :
Desain sistem dapat didefinisikan sebagai: “Tahap setelah
analisis dari siklus pengembangan sistem: pendefinisian dari
kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi;
menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.”
Tujuan
desain sistem
Tahap
desain sistem mempunyai dua maksud atau tujuan utama, yaitu:
a. Untuk memenuhi
kebutuhan para pemakai sistem
b. Untuk memberikan gambaran yang jelas
dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik
lainnya yang terlibat. Tujuannya lebih condong pada desain sistem yang terinci,
yaitu pembuatan rancang bangun yang jelas dan lengkap untuk nantinya digunakan
untuk pembuatan program komputernya.
7. Jelaskan faktor-faktor
organisasi yang harus diperhatikan dalam melakukan desain sistem ?
JAWAB :
Terdapat lima buah faktor organisasi
yang harus dipertimbangkan dalam desain sistem, yaitu sifat dari organisasi,
tipe organisasi, ukurannya, strukturnya dan gaya manajemennya .
1.
Sifat organisasi.
Kebutuhan
informasi untuk suatu organisasi dengan organisasi yang lainnya berbeda.
Misalnya perusahaan real estate, perusahaan asuransi, atau perusahaan
transportasi berbeda dengan perusahaan manufaktur dalam bentuk informasi yang
dibutuhkan. Demikian juga dengan perusahaan perdagangan besar dengan
perdagangan eceran juga berbeda kebutuhan informasinya. Oleh karena itu, untuk
mengidentifikasikan dan memahami kebutuhan informasi bagi suatu organisasi yang
tertentu, pertama kali perlu diperhatikan aau dipahami sifat organisasi
tersebut.
2.
Tipe organisasi.
Tipe
organisasi dapat dikategorikan sebagai berikut ini.
–
Organisasi fungsional, yaitu setiap manajer bertanggungiawab untuk area fungsi
tertentu seperti produktifitas, pemasaran, personalia atau keuangan.
–
Organisasi divisonal, yaitu tiap-tiap manajer divisi bertanggungjawab terhadap suatu
fungsi dan suatu objek atau program kerja,
3.
Ukuran organisasi
Ukuran
dari organisasi juga merupakan faktor vang mempengaruhi kebutuhan informasi.
Semakin besar organisasi, semakin banyak informasi yang dibutuhkan.
4.
Struktur organisasi.
Struktur
internal organisasi juga tanggungjawab terhadap manajemen persediaan dapat
berada pada tanggungjawab departemen produksi di suatu organisasi atau dapat
berada pada tanggunglawab departemen pembelian di organisasi lainnya. Dari
struktur organisasinya, maka dapat ditentukan departemen mana yang membutuhkan
informasi persediaan ini, apakah departemen produksi atau departemen pembelian
. departemen produksi biasanya lebih membutuhkan informasi mengenai
ketersediaan persediaan, perputaran persediaan dan kualitasnya, sedang
departemen pembelian lebih membutuhkan informasi mengenai harga persediaan dan
informasi tentang pemasok berupa tanggung jawab departemen produksinya, tetapi
untuk organisasi lainnya dapat berada pada tanggung jawab departemen yang
terpisah.
5. Faktor-faktor
Manusia
Analisis system harus mencoba untuk
dapat mendesain system yang dapat diterima oleh semua pemakai, tidak hanya satu
atau dua pemakai saja, tetapi bisa dipakai oleh semua pemakai dan tidak
menyulitkan pemakai.
Komentar
Posting Komentar